6/24/2010

muhammad:lelaki penggenggam hujan


Eheii…arin’s coming back….
Libur akhir taonku lama sangat…sebulan penuh. Punjul malah.
Di antara waktu liburku, Aku mbaca buku biografi seseorang, yang selama ini kuyakini sebagai Nabiku, tapi rasa2nya aku masih jauuuh bangiiit darinya. Aku tak pernah merasakan desiran cinta atau kagum luar biasa seperti sahabat Nabi jaman dulu merasakannya. Apa ini pertanda hatiku terlalu keras untuk bisa mengagumi dan mengikuti semua titahnya? Oh tidaaaak….aku hamba yang tidak ingin durhaka pada perintah Tuhan dan Panutanku T_T
Masalahku sama seperti yang dihadapi Tasaro GK, sang penulis buku saat dia buntu di tengah jalan karena merasa jauh dan tidak mengenal Muhammad, Lelaki Penggenggam Hujan. =>ini judul bukunya.
Oke kalo kalian bertanya2 kenapa Muhammad menggenggam hujan, padahal di daerah gersang Arabia jarang sekali turun hujan, penjelasannya ada di bwh.
Hujan bermakna wahyu Tuhan.
Banyak agama2 di dunia meyakini hujan wahyu hanya turun kepada orang yang terpilih, yang tidak selamanya berasal dari agama atau bangsa mereka (kemungkinan munculnya manusia terpilih dari bangsa lain sangat besar. Tapi hal ini tidak berlaku pada agama yahudi. Pemeluk yahudi tidak mengakui Muhammad karena beliau tidak dari bangsa yahudi, padahal orang yahudi berharap orang terpilih itu datang dari bangsanya, bangsa yahudi)
Jadi lelaki penggenggam hujan adalah Nabi pilihan, yang memberi kesegaran untuk semua umat manusia.
Kedatangan Muhammad sebelumnya telah diramalkan banyak agama2 di dunia. Penjelasannya tertuang di kitab suci agama2 tersebut. Baik dalam penggambaran yang jelas atau bertele2 dan butuh extra perjuangan untuk menafsirkan kata2 dari kitab suci mereka.
  • Orang Tibet (budha) menyebut calon Nabi pilihan dengan nama Buddha Matteyya atau Maitreya,
  • Dalam gulungan perkamen Kuntap Sukt dan atharva weda, (kitab Hindu) disebutkan penggenggam hujan,
  • Orang Zoroaster atau Zarathustra atau majusi menyebutnya Astvat-Ereta dalam kitab Dasatir dan Zend avesta. Astvat ereta Artinya penyangga dan pengumpul semua bangsa manusia.
  • Orang lain *aku lupa orang mana* menyebut Himada. Opsi ini sound-nya mirip2 muhammad ye, dan artinya memang sama; Yang Terpuji.
Tapi satu kesimpulan dari ramalan agama2 itu adalah: akan muncul seorang berbudi luhur, bijaksana, memegang kepemimpinan dengan sangat baik.
Oke, selesai soal nama dan versi2 lainnya dalam agama lain.
Lanjutan lain tunggu aja aku selese mbaca, cos bukune tebel men! Ada kali 550 halaman. Plus bahasane tingkat tinggi, deskripsine detil bgt, metafora n hiperbola bgt, topiknya berat, sudut pandang berubah2 tanpa woro2 sebelumnya, *pdhl 3 buku super tebel dari Dan Brown yg pake banyak sudut pandang uda t’katamke dg mudah*dan ada dua tokoh utama dlm buku ini yang terpisahkan jarak, rentang waktu yang jauh, dan keadaan yang sangat berbeda.
Makasih, syukron sanget buat Hera Minerva yg udah minjemke bukunya, sebage ganti Digital fortress n Deception point yang dia pinjem dariku.

2 comments:

comments here!